Peningkatan Seal Online Player Loyalty: Peran Experiental Value, Promosi, dan Player Satisfaction (Seal Online Gladius)

Authors

  • Bayu Adhi Nugroho Universitas Proklamasi 45
  • Andriya Risdwiyanto Universitas Proklamasi 45

DOI:

https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v1i1.26

Keywords:

Player loyalty, Online game, Seal online

Abstract

Information technology (IT) plays an important role in supporting various aspects of modern life and industry. This research used quantitative methods with purposive sampling technique for sampling. Respondents were taken from members of the Seal Online Gladius community in an application called Discord totaling 298 members with a sample of 58 respondents. The research results showed that the contribution of the independent variable influence to the dependent variable was 13.8%, while partially the experiential value and the promotion did not have a significant effect on players’ loyalty. However, the player satisfaction has a significant effect on their loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunda, S. P., & Kusuma, Y. B. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Netflix. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2815–2825. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3656

Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restoran Cepat Saji di Indonesia. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579.

Feoh, G., Anisah, H. U., Karsana, I. W. D., Padakari, S. L., Susanto, P.C., Hastutik, S., Colia, R. S., Lie, D., Putra, L. A., Krismawintari, N. P. D., Arshandy, E., Gunawan, P. W., & Putri, S. A. (2022). Information Technology: Konsep dan Implementasinya. Media Sains Indonesia.

FTIK. (2023). Mengenal Internet of Things dan Dampak Koneksi Perangkat terhadap Kehidupan Kita. (2023). Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://ftik.teknokrat.ac.id/mengenal-internet-of-things-dan-dampak-koneksi-perangkat-terhadap-kehidupan-kita/

Hidayat, M. S. (2023). Faktor-faktor Penentu Loyalitas Pemain Game Online di Kalangan Milenial. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 11(2), 142–152.

Indurasmi, M., & Muslichah, I. (2022). Peran Pengalaman Merek dan Keterlibatan pada Loyalitas Pelanggan Fashion Muslim di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa bisnis dan Manajemen, 1(1), 138–161.

Maisaroh, R., & Nurhidayati, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun 2. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 197–216. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i2.282

Nurcahyo, B. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word of Mouth (WOM) pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 14–29. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Rifky, A., & Wibisono, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Transaksi dan Nilai Pengalaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Aplikasi Online Mobile Game. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1264–1273. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1438

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2016). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik: Sipil, Mesin, Listrik, 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(5), 1–17.

Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopeepay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(5). 1–12.

Setiawan, C. K., & Yosepha, Y. S. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @Thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah m-Progress, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371

Shaid, N. J. (2022). Apa Itu Promosi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya. Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://money.kompas.com/read/2022/02/19/181905526/apa-itu-promosi-pengertian-tujuan-jenis-dan-fungsinya?page=all

Silalahi, D. R., Lie, D., Butarbutar, M., & Efendi, E. (2013). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Alam Terang Mandiri Cabang Pematangsiantar. Sultanist: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.37403/sultanist.v1i1.2

Supertini, N. P. T., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N.. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61–73. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Global AC Banjarbaru. Kindal, 14(3), 255–262.

Wicaksono, F. B., Yuliati, L. R., Muhyiddin, H., & Hutasuhut, I. P. (2022). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Experiential Value Serta Dampaknya Pada Customer Satisfaction Coffee Toffee. Jurnal ISIP: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19(2), 88–101.

Wonua, A. R., Sovianti, R., Risdwiyanto, A., Sutagana, I. N. T., & Rukmana, A. Y. (2023). Social Media Marketing dan Customer Satisfaction. Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 50-60. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1817

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Bayu Adhi Nugroho, & Andriya Risdwiyanto. (2024). Peningkatan Seal Online Player Loyalty: Peran Experiental Value, Promosi, dan Player Satisfaction (Seal Online Gladius). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen Kewirausahaan Dan Bisnis, 1(1), 336–346. https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v1i1.26

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.