Pengaruh Sosial Media dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Platform Tokopedia di Tangerang Selatan

Authors

  • Sultan Afryan Novendra Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v1i1.27

Keywords:

Consumer Trust, Purchasing Decisions, Social Media

Abstract

This research reviews the influence of social media and trust on purchasing decisions on the Tokopedia platform in South Tangerang. The background reflects significant changes in consumer behavior due to developments in information technology, especially in online commerce. The goal is to analyze the factors that influence purchasing decisions with a focus on social media and consumer trust. Quantitative methods are used to collect and analyze data from consumers in the region. Research findings show that although social media does not have a positive influence on purchasing decisions, consumer trust has a significant influence on purchasing decisions. The implication is the importance of strengthening consumer trust in building effective marketing strategies on e-commerce platforms, as well as the need to develop theories of consumer behavior in the digital era.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunda, S. P., & Kusuma, Y. B. (2023). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Netflix. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2815–2825. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3656

Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linear dengan Loyalitas Konsumen: Analisis pada Restoran Cepat Saji di Indonesia. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 569–579.

Feoh, G., Anisah, H. U., Karsana, I. W. D., Padakari, S. L., Susanto, P.C., Hastutik, S., Colia, R. S., Lie, D., Putra, L. A., Krismawintari, N. P. D., Arshandy, E., Gunawan, P. W., & Putri, S. A. (2022). Information Technology: Konsep dan Implementasinya. Media Sains Indonesia.

FTIK. (2023). Mengenal Internet of Things dan Dampak Koneksi Perangkat terhadap Kehidupan Kita. (2023). Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://ftik.teknokrat.ac.id/mengenal-internet-of-things-dan-dampak-koneksi-perangkat-terhadap-kehidupan-kita/

Hidayat, M. S. (2023). Faktor-faktor Penentu Loyalitas Pemain Game Online di Kalangan Milenial. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 11(2), 142–152.

Indurasmi, M., & Muslichah, I. (2022). Peran Pengalaman Merek dan Keterlibatan pada Loyalitas Pelanggan Fashion Muslim di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa bisnis dan Manajemen, 1(1), 138–161.

Maisaroh, R., & Nurhidayati, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun 2. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 197–216. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v1i2.282

Nurcahyo, B. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word of Mouth (WOM) pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 14–29. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Rifky, A., & Wibisono, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Transaksi dan Nilai Pengalaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Aplikasi Online Mobile Game. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1264–1273. https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1438

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2016). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik: Sipil, Mesin, Listrik, 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(5), 1–17.

Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopeepay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(5). 1–12.

Setiawan, C. K., & Yosepha, Y. S. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @Thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah m-Progress, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371

Shaid, N. J. (2022). Apa Itu Promosi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya. Diakses pada 2 Januari 2024 dari https://money.kompas.com/read/2022/02/19/181905526/apa-itu-promosi-pengertian-tujuan-jenis-dan-fungsinya?page=all

Silalahi, D. R., Lie, D., Butarbutar, M., & Efendi, E. (2013). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Alam Terang Mandiri Cabang Pematangsiantar. Sultanist: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.37403/sultanist.v1i1.2

Supertini, N. P. T., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N.. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61–73. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Global AC Banjarbaru. Kindal, 14(3), 255–262.

Wicaksono, F. B., Yuliati, L. R., Muhyiddin, H., & Hutasuhut, I. P. (2022). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Experiential Value Serta Dampaknya Pada Customer Satisfaction Coffee Toffee. Jurnal ISIP: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19(2), 88–101.

Wonua, A. R., Sovianti, R., Risdwiyanto, A., Sutagana, I. N. T., & Rukmana, A. Y. (2023). Social Media Marketing dan Customer Satisfaction. Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 50-60. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1817

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sultan Afryan Novendra. (2024). Pengaruh Sosial Media dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Platform Tokopedia di Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen Kewirausahaan Dan Bisnis, 1(1), 347–359. https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v1i1.27

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.