Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Suasana Toko Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada KKV di Wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v1i1.30Keywords:
Product Quality, Price, Store Atmosphere, Repurchase IntentionAbstract
This research was conducted to determine the influence of product quality, price, store atmosphere on consumer repurchase intention at KKV in the Tangerang and South Tangerang areas. The number of respondents was 88 who were selected through purposive sampling. The research uses the SEM-PLS analysis method with SmartPLS4 software. The results of this research show that product quality, price and store atmosphere have a positive and significant effect on repurchase intention.
Downloads
References
Assauri, S. (2011). Marketing management. Jakarta: Rajawali Press.
Bank Indonesia. (2024). Survei penjualan eceran Januari 2024: Penjualan eceran diprakirakan meningkat. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_263024.aspx
Berman, B., & Evans, J. R. (2010). Retail management: A strategic approach (8th ed.). New Jersey: Pearson.
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business research methods (12th ed.). New York: McGraw-Hill.
Darma, Y. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(4), 133–138.
Dexter, J. (2022). Peran moderasi customer experience atas pengaruh visual merchandising terhadap repurchase intention KKV. Jurnal Strategi Pemasaran, 9(2), 45–58.
Elvira, V. (2023). Ritel asing menyerbu pasar Indonesia, begini kata Kadin. KONTAN.CO. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/ritel-asing-menyerbu-pasar-indonesia-begini-kata-kadin
Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 59–69.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hasan, A. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Center For Academic Publishing Service. Yogyakarta.
Jaya, H. S., & Suparna, G. (2018). Pengaruh atmosfer toko dan kesesuaian harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Temday Store Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(6), 2936–2953.
Kartika, N. K. R. D., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang produk Starbucks Denpasar. EMAS, 4(1), 22–31.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (Jilid I, edisi ke-12). Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Levy, M., & Weitz, B. A. (2007). Retailing management (4th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (Edisi ke-3). Jakarta: Salemba Empat.
Lutfiani, I., Farisi, H., & Yuliana, A. (2023). Pengaruh hedonic shopping motivation, visual merchandising, dan store atmosphere terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening pada konsumen industri retail Tiongkok di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 4(1), 74–88.
Maharani, N. D., & Suwitho, S. (2021). Pengaruh store atmosphere, variasi produk, dan harga terhadap repurchase intention pada Economie Resto Merr Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(3), 1–17.
Mustapa, A., Paramita, P. D., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragaman produk sparepart Toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pelanggan PT. New Ratna Motor Semarang). Journal of Management, 4(4), 22–37.
Nyarmiati, N., & Astuti, S. R. T. (2021). Analisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, brand image dan perceived value terhadap minat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen rumah makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 10(2), 118–130.
Pratiwi, M. (2023). Pengaruh keragaman produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di KKV Tunjungan Plaza Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 268–285.
Pratiwi, R. S., Soebandi, S., & Dharmani, I. A. N. (2020). The influence of service quality, price perception, and store atmosphere on repurchase intention (case study at the Teras Atas Cafe Surabaya). Quantitative Economics and Management Studies, 1(2), 147–156.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values, 1(3), 35–48.
Saputra, A. B., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, desain, dan citra merek terhadap minat beli ulang produk sepatu. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 32–38.
Saraswati, K. D., Sanjaya, P. K. A., & Trarintya, M. A. P. (2021). Pengaruh variasi produk dan store atmosphere terhadap repurchase intention. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 431–442.
Satria, R. (2020). Pemukiman urban dan rural. Retrieved from https://supergeografi.com/antroposfer/pemukiman/
Suara NTB. (2024). KKV kini hadir di Lombok Epicentrum Mall, ada gift menarik untuk pelanggan. Suara NTB. Retrieved from https://www.suarantb.com/2024/02/01/kkv-kini-hadir-di-lombok-epicentrum-mall-ada-gift-menarik-untuk-pelanggan/
Sudarijati, S., Andari, T. T., & Rosyada, R. (2020). Minat beli ulang berbasis citra merek, harga, dan kualitas produk (Kasus pada Sate Maranggi SN4444 Tajur Bogor). Jurnal Visionida, 6(2), 18–30.
Suryana, P., & Dasuki, E. S. (2013). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan implikasinya pada minat beli ulang. Trikonomika, 12(2), 190–200.
Susanto, T. W. P., Sudapet, I. N., Subagyo, H. D., & Suyono, J. (2021). The effect of service quality and price on customer satisfaction and repurchase intention (case study at Crown Prince Hotel Surabaya). Quantitative Economics and Management Studies, 2(5), 288–297.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Andy Offset.
Waris, K., Wahono, B., & Suharto, M. K. A. B. (2024). Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi (Studi pada Warung Makan Tacibay Dinoyo Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 553–560.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen Kewirausahaan dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.