Pengaruh Inovasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Gojek di Kota Langsa

Authors

  • Annida Zahra Universitas Samudra
  • Riny Chandra Universitas Samudra
  • Maulana Rahman Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v2i1.158

Keywords:

Innovation, Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the influence of innovation and service quality on customer satisfaction with brand image as an intervening variable among Gojek users in the city of Langsa. This research is quantitative in nature, with the population being Gojek users in Langsa. The sampling technique used is purposive sampling, with a total of 100 respondents. The data were processed using SPSS for Windows version 25, and the analysis methods employed include classical assumption tests, path analysis, Sobel test, and hypothesis testing. The research findings indicate that: (1) innovation has no significant effect on customer satisfaction, (2) service quality has a significant effect on customer satisfaction, (3) innovation has a significant effect on brand image, (4) service quality has a significant effect on brand image, (5) brand image mediates the effect of innovation on customer satisfaction, (6) brand image mediates the effect of service quality on customer satisfaction, and (7) brand image has a significant effect on customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Makassar Jeans House Kota Palu. Jurnal Administration and Management Public Literation, 1(1), 37–50. https://jurnal.iyb.ac.id/index.php/cendrawasih/article/view/157

Anggraini, D., & Husda, N. E. (2024). Pengaruh citra merek, kepercayaan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Gojek di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(1).

Aprillia, A., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Gojek pada masa pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 242–257. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.222

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Hutagulung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Membangun inovasi pemerintah daerah (1st ed.). Deepublish Publisher.

Ismunandar. (2021). Pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Illo Cake Pattiserie & Bistro di Kota Bima. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 92–98. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.7

Junior, M. S. (2017). Fungsionalitas konflik Gojek: Studi fenomenologi terhadap konflik pengemudi Gojek di Kota Kediri. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.20961/jas.v6i1.18176

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran (12th ed.). PT Indeks.

Mauludin, M. S., Ratnawati, D., Arianti, N., Pryastara, M. D., & Novitawati, V. A. (2022). Analisis persepsi konsumen terhadap penggunaan jasa Gojek. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(1), 123–141. https://www.ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/642

Mulyanto, D. (2022). Word of mouth, harga, kualitas pelayanan dan dampaknya pada keputusan pengguna jasa transportasi Gojek di Kota Surakarta. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1), 29–34. https://jurnal.apn-surakarta.ac.id

Nasution, A. D., Putri, H. D., & Nurbaiti. (2021). Analisis perbandingan penerapan e-business pada perusahaan jasa (studi kasus PT. Gojek dan PT. Grab Indonesia). JURNAL EMAK: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 40–47. https://doi.org/10.53697/emak.v3i31

Ndruru, M. W., Karim, A., & Tampubolon, H. (2025). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan perilaku konsumen sebagai variabel intervening. YUME: Journal of Management, 8(1), 446–454. https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8049

Prabowo, H., & Gultom, H. C. (2025). Kepuasan pelanggan ditinjau dari kualitas produk, desain produk, dan promosi. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 11(1), 24–31. https://doi.org/10.47686/bbm.v11i1.760

Putri, C. W., & Martasya, N. (2025). Pengaruh content marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian di era digital. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.69714/dyvc8v47

Putri, N. D. N., & Munir, M. (2021). Analisa kualitas pelayanan melalui pola komunikasi driver Go-Ride dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan pengemudi (studi kasus ojek online Gojek di Kabupaten Jember). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah, 2(2), 13–21. https://doi.org/10.19105/meyarsa.v2i2.4461

Rahman, S., Santoso, P. H., Stevanie, S., & Rusmansyah, W. (2021). The influence of trust, innovation, and service quality on customer satisfaction and loyalty on Gojek customers. Kewirausahaan dan Bisnis, 65(1). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index

Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh citra merek, kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan air mineral merek Aqua. FORBISWIRA Forum Bisnis dan Kewirausahaan, 11(2), 200–214. https://doi.org/10.35957/forbiswira.v11i2.2235

Selinda, N. (2025). Analisis peran aplikasi Gojek dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Kota Tanjung Pinang. Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.61132/jumbidter.v2i1.408

Verriana, R. I., & Anshori, M. Y. (2017). Pengaruh kualitas layanan (service quality) terhadap loyalitas melalui kepuasan pada mahasiswa Universitas NU Surabaya. Accounting and Management Journal, 1(1), 63–79. https://doi.org/10.33086/amj.v1i1.73

Yonatan, A. Z. (2023). Mengapa orang Indonesia memilih transportasi online? goodstats.id. https://goodstats.id/article/mengapa-orang-indonesia-memilih-transportasi-online-v7ZXx

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Annida Zahra, Riny Chandra, & Maulana Rahman. (2025). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Gojek di Kota Langsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen Kewirausahaan Dan Bisnis, 2(1), 59–79. https://doi.org/10.61132/prosemnasimkb.v2i1.158

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.